5 Cara Untuk Meningkatkan Hobi Membaca Buku

5 Cara Untuk Meningkatkan Membaca Buku

Manusia dituntut untuk senantiasa belajar/membaca buku, dengan belajar akan meningkatkan pengetahuan individu. Perkembangan zaman semakin modern tidak lepas dari semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat. Untuk tetap bertahan di dalam kondisi masyarakat yang dinamis individu dituntut selalu meningkatkan pengetahuan. Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan. Banyak lembaga pendidikan menyediakan sarana yang lebih spesifik tentang minat dalam ilmu pengetahuan. Pendidikan merupakan salah satu cara untuk memberikan bekal kepada individu agar siap untuk terjun di masyarakat.

Ketika berbicara tentang menuntut ilmu maka tidak lepas dari proses belajar dan di dalam proses belajar sendiri perlu aktivitas membaca. Untuk memahami ilmu pengetahuan diperlukan menyerap informasi dan informasi dapat diterima melalui membaca atau mendengar. Bagi sebagian individu membaca terasa sangat membosankan padahal apabila dibandingkan dengan bermain game, manfaat dan efek lebih baik membaca.

Membaca merupakan aktivitas seperti aktivitas pada umumnya, yang dapat menjadi hobi ketika kita dapat menikmati setiap detiknya. Banyak yang mengeluhkan aktivitas membaca sangat berat, padahal apabila jika memahami esensi dari membaca akan lebih mudah menikmati. Berikut beberapa cara agar dapat meningkatkan membaca:

  1. Mengubah niat

Lama tidaknya proses membaca buku ditentukan dari tujuan kita membaca. Apabila tujuan kita sekedar penasaran dengan isi buku maka proses membaca tidak akan berlangsung lama karena cukup dengan membaca sinopsis buku akan bisa memahami pokok pikiran. Namun apabila dalam proses belajar tujuan untuk memahami ilmu baru maka akan berlangsung lama karena akan selalu kurang ketika hanya membaca beberapa lembar.

  1. Membaca ditempat sesuai

Setiap orang memiliki kriteria masing-masing untuk tempat yang sesuai. Mencoba untuk merefleksikan diri merupakan salah satu kunci. Tempat yang mampu membuat konsentrasi meningkat merupakan salah satu syarat. Ada beberapa orang yang mampu berkonsentrasi ditempat ramai dan hanya ditempat sepi. Oleh karena itu tempat yang sesuai dapat meningkatkan durasi waktu.

  1. Cobalah bertahan di 30 menit pertama

Bagi individu yang jarang membaca durasi waktu sangat menyiksa namun cobalah rasakan efek setelah 30 menit pertama. Beberapa perasaan akan muncul ketika selesai di 30 menit pertama seperti senang, fokus, ingin lebih memahami, dan ketagihan. Membaca buku mampu lebih efektif untuk menghibur diri daripada bermain game.

  1. Jadikan membaca sebagai rutinitas tiap hari

Buatlah jadwal harian khusus untuk membaca, dengan begitu alam bawah sadar kita akan mencatat bahwa membaca merupakan hal wajib. Apabila hal ini sudah berjalan beberapa bulan maka sehari tanpa membaca rasanya ada yang kurang.

  1. Buatlah target tahunan

Beberapa orang sukses didunia menjadikan membaca salah satu kebutuhan dan bahkan menargetkan jumlah buku yang harus dibaca setiap hari, minggu dan tahun. Salah satunya Bill Gates. Dari salah satu sumber (Detikinet)  mewawancari Bill Gates dimana beliau merupakan seorang kutu buku. Oleh karena itu kita harus punya standar minimal untuk bacaan buku dalam satu tahun.

Sekian artikel (e-Berbagi) yang dapat dibagi, apabila ada kata yang tidak sesuai dan ada penambahan informasi segera berikan komentar supaya informasi yang diberikan lebih informatif. Semoga informasi yang dibagi dapat bermanfaat bagi pembaca.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *