5 Kue Lebaran yang Harus Ada Saat Idul Fitri

Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dengan menyediakan hidangantamu saat lebaran tiba. Jenis hidangan berbagai macam, namun pada umumnya jenis hidangan ringan seperti kue lebaran dll. Tradisi tersebut sudah melekat sejak lama. Tradisi menyajikan makanan ada karena saat lebaran umat muslim di Indonesia bersilaturahmi antar keluarga dan tetangga sehingga menuntut pemilik rumah untuk menyajikan makanan penyambut tamu.

Seiring berjlanya waktu karena banyaknya permintaan makan ringan di hari lebaran banyak jenis makanan ringan yang bermunculan sehingga mereka sering menyebut sebagai kue lebaran. Banyak jenis kue di Indonesia yang disediakan saat lebaran tiba. Mulai dari kue tradisional sampai kue kreasi. Berikut merupakan beberapa kue yang seing di sajikan di saat lebaran

Kue Lebaran
Sumber: Idntimes

Putri Salju

Siapa tak kenal salah satu jenis kue ini, warna yang mencolok (putih) seperti butiran salju membuat kue ini disebut sebagai putri salju. Tekstur yang empuk dan rasa manis yang lekat membuat ciri khas dari kue putri salju. Biasanya kue ini disajikan di tempat yang transparan sehingga warna putih terlihat jelas diatas tumpukan kue. Jika ingin makan kue ini jangan lupa siapkan minuman karena seringkali kue ini nyangkut ditenggorokan

Kue Lebaran
Sumber: Pixabay

Nastar

Kue nastar merupakan kue favorit masyarakat Indonesia. Maoritas masyarakatIndonesia menyajikan kue ini. Selain rasanya enak, harga maupun cara membuatnya tidak terlalu sulit.Ciri khas dari kue ini nanas dengan tekstur yang kenyal. Dari luar kue nastar memang terkesan keras karena ada lapisan yang mengkilap namun setelah digigit sangat lembut.

Sumber: Cnnindonesia

Sagu Keju

Walaupun kue ini jarang dihidangkan namun layak untuk disajikan saat lebaran. Kue ini memiliki diameter melingkar dengan permukaan atas yang unik. Permukaan tersebut menyesuaikan dari bentuk cetakan. Rasa dari kue ini juga unik. Tekstur yang kasar menjadi ciri khas, karena sering kali ketika kue ini masuk mulut kadang suka nyangkut.

Sumber: Selerasa.com

Kastengel

Kue kastengel ini jarang disajikan oleh masyarakat Indonesia. Walaupun jarang diminati masyarakat namun kue ini tetap layak untuk dihidangkan saat lebaran. Memiliki bentuk persegi panjang dengan lapisan yang mengkilap dan taburan keju menyerupai nastar. Kue ini memiliki tekstur agak keras karena ketika kue ini masuk mulut sangat terasa potongan-potongan kue. Kue ini memiliki rasa yang khas dibandingkan kue yang lain.

Sumber: Iniresep.com

Kue Kacang

Sesuai namanya ke kacang ini bahan utama terbuat dari kacang. Kue ini memiliki rasa yang khas. Tekstur kacang sangat melekat sehingga kue ini ketika dikunyah agak kasar. Bentuk kue ini banyak macamnya seperti bulan, hati, bulat dll. Permukaan kue terlihat mengkilap dengan terlihat jelas campuran bahan lain. Kue ini sering dihidangkan oleh masyarakat saat lebaran.

Sumber: Pixabay

Kue Semprong

Kue semprong merupakan kue asli Indonesia. Kue ini memiliki bebagai bentuk (menyerupai pipa, segitiga dan persegi panjang dengan lubang ditengah) dan tekstur yang renyah. Terlihat seperti kerupuk namun ketika digigit terasa manis dan rasa manisnya unik. Rasa manis kue ini sangat memiliki karakter yang apabila dirasakan akan langsung teringat kue semprong.

Sekian artikel (e-Berbagi.com) yang dapat saya bagi, apabila ada ketidaksesuaian dan tambahan silahkan masukan saran dikolom komentar agar artikel dapat lebih informatif. Terimakasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *