6 Cara Menghilangkan Rasa Bosan Ketika Dilanda Kesepian

Rasa Bosan

Rasa Bosan akan menjadi mengganggu ketika kondisi tidak memungkinkan. Seperti pada saat tengah malam atau tidak ada teman nongkrong. Sebenarnya rasa bosan timbul dari pikiran kita. Biasanya rasa bosan akan muncul ketika kondisi senyap dan tidak ada satupun aktivitas yang dapat dilakukan. Rasa bosan menjadi hal yang wajar bagi sebagian manusia karena pada hakikatnya manusia mencari kebahagiaan untuk hidup. Akan tetapi pemicu kebahagiaan dari setiap manusia berbeda-beda.

Umumnya rasa bosan menyelimuti orang berkarakter ekstrovert karena ekstrovert mendapatkan energi dari luar diri seperti berbincang dengan teman, mencari keramaian dan membuat percakapan yang menyenangkan. Sedangkan orang introvert cenderung tidak mempermasalahkan rasa bosan karena kesepian menjadi teman yang menyenangkan untuk memikirkan sesuatu secara mendalam. Untuk karakter yang berada diantara ekstrovert dan introvert yaitu ambivert merupakan karakter yang fleksible. Dimana suatu saat dapat beradaptasi dalam kesepian dan  keramaian. Namun ambivert juga dapat merasa sangat bingung ketika dihadapkan pilihan keluar rumah atau tetap dirumah. Jadi bersyukurlah apabila kalian termasuk ambivert.

Rasa sepi yang memunculkan rasa bosan adalah musuh alami bagi orang ekstrovert, oleh karena itu penting sekali pengendalian diri ketika rasa bosan datang. Tidak heran orang ekstrovert lebih menyukai keluar rumah daripada di rumah karena untuk mengisi energi mereka. Oleh karena itu penting untuk mengendalikan diri ketika rasa bosan datang.

Berikut merupakan 6 cara sedehana  menghilangkan dan menikmati rasa bosan dirumah:

Menikmati kesendirian “me time”

Manusia merupakan makhluk sosialisasi. Kita saling membutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan, seperti untuk makan nasi karena kita tidak perlu menanam padi untuk memperoleh beras. Setiap manusia memiliki perannya masing-masing dalam masyarakat sosial sehingga membetuk sistem masyrakat.

Sebagian masyarakat menganggap kesendirian hal yang harus dihindari. Banyak dampak yang ditimbulkan apabila kita termasuk penyendiri (anti-sosial) dan pemahaman di masyarakat bahwa penyendiri berkaitan dengan keangkuhan sehingga masyarakat membuat batas terhadap kesendirian. Namun ada sebagian masyarakat yang tetap tenang dengan kesendirian tanpa dipengaruhi oleh pandangan masyarakat umum. Tidak ada ketakutan dalam kesendirian jika kita menikmati. Tanpa disadari banyak manfaat dari kesendirian. Pertama, tidak tergantung dengan orang lain untuk melakukan berbagai aktivitas. Kedua, dapat beradaptasi dikondisi yang sepi (membosankan). Ketiga, meningkatkan kreatifitas karena orang yang penyendiri umumnya suka melamun dan memikirkan sesuatu secara mendalam sehingga memaksa otak untuk berfikir bebas.

Cobalah untuk melatih kesendirian, bisa diawali dengan berada dirumah seharian dan buatlah pemahaman bahwa berada dirumah sangat menyenangkan.

Sadari bahwa kebahagian bukan saja dari luar diri

Kebahagiaan muncul bukan hanya adanya pemicu dari luar diri. Banyak hal yang dapat memunculkan rasa bahagia. Terkadang pemahaman dapat membuat penentu dalam berbagai hal. Misalnya dalam penentuan kebahagiaan. Pemahaman membuat manusia berfikir bahwa untuk mendapatkan A maka harus melakukan B. Pemahaman sepenuhnya dikontrol oleh manusia oleh karena itu kita berhak menentukan pemahaman yang sesuai dengan keinginan kita.

Banyak beredar pemahaman dimasyarakat bahwa dengan pergi ketempat keramaian rasa bahagia akan meningkat, padahal pemahaman tersebut tidak sepenuhnya benar karena hal tersebut hanya bersifat sementara. Kebahagiaan yang muncul dari dalam diri merupakan salah satu cara yang mudah karena tidak adanya ketergantungan dari luar karena kita dapat mengontrol secara penuh.

Bercengkrama dengan orang tua

Sebagai seorang anak sudah sewajarnya berbakti kepada orang tua. Banyak cara untuk berbaki kepada orang tua. Di masa sekarang banyak remaja yang lebih mementingkan untuk menghabiskan waktu dengan teman sebaya. Bukan hal yang aneh karena untuk bersendagurau lebih bisa menyesuaikan dibandingkan dengan orang tua. Namun disamping itu banyak manfaat yang didapatkan ketika berkomunikasi dengan orang tua. Pertama, meningkatkan hubungan lebih baik dan dengan meningkatnya hubungan maka akan lebih mudah untuk meminta tambahan uang saku. Kedua, kita akan mendapatkan pengalaman yang telah dialami orang tua. Ketiga, cara berfikir kita akan menyerupai orang tua karena kita terbiasa berkomunikasi dengan orang tua, dan pada umumnya cara berfikir orang tua lebih luas.

Membaca buku

Bagi orang yang tidak menyukai membaca menganggap cara ini tidak akan bekerja karena untuk menghabiskan waktu 10 menit saja tidak akan sanggup. Namun bagi yang hobi membaca 4 jam merupakan waktu yang singkat karena mereka dapat tenggelam pada pemikiran penulis. Memang untuk meningkatkan hobi membaca cukup sulit, butuh waktu untuk dapat menikmati setiap kalimat. Ketika kita sudah mampu menikmati setiap kalimat per kalimat maka membaca akan lebih menyenangkan daripada bermain game. Mungkin bisa dimulai dengan membaca lamban dengan memahami makna setiap kalimat dan tentunya memahami bahwa membaca sangatlah penting.

Hubungi teman melalui sosial media

Apabila dari berbagai cara telah dilakukan namun tetap saja, berkomunikasi lewat sosial media merupakan cara yang baik tanpa kita keluar rumah karena berbagai aplikasi sosial media sudah mempermudah pengguna untuk berkomunikasi jarak jauh. Misalnya dengan adanya fitur video call pengguna seakan dapat berbicara langsung dari jarak jauh.

Beribadah

Cara yang terakhir merupakan cara yang ampuh. Banyak yang telah membahas bahwa kurangnya beribadah dapat meningkatkan kegelisahan. Orang yang ahli ibadah umumnya berperilaku tenang dan santun karena salah satu efek dari ibadah dapat menciptakan ketenangan diri. Oleh karena itu cobalah untuk beribadah lebih intens.

Sekian artikel (e-Berbagi.com) “untuk mengatasi rasa bosan” yang dapat saya bagi, apabila ada ketidaksesuaian dan tambahan silahkan masukan saran dikolom komentar agar artikel dapat lebih informatif. Terimakasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *